(Welcome To My Blog Hopefully Helpful)
Selamat Datang Di Blog Saya (Novanri Kurnia Pratama)

Senin, 24 September 2012

Pengertian GOPHER, Internet sebagai komunikasi Interaktif dan Internet Sebagai pertukaran data


1.   Pengertian GOPHER


Protokol Gopher / ɡoʊfər / adalah TCP / IP Application layer protokol yang didesain untuk mendistribusikan, mencari, dan mengambil dokumen melalui Internet. Sangat berorientasi pada desain menu-dokumen, protokol Gopher adalah pendahulu dari (dan kemudian, sebuah alternatif untuk) World Wide Web.
Protokol ini menawarkan beberapa fitur tidak didukung oleh native Web dan menerapkan hirarki yang lebih kuat pada informasi yang tersimpan di dalamnya. Teks antarmuka menu adalah cocok untuk lingkungan komputasi yang sangat bergantung pada remote terminal komputer berorientasi teks, yang masih umum pada waktu penciptaan pada tahun 1991, dan kesederhanaan protokol yang memfasilitasi berbagai implementasi klien.
Meskipun sebagian besar digantikan oleh Web pada tahun-tahun berikutnya, protokol Gopher masih digunakan oleh penggemar, dan populasi kecil dari server aktif-tetap dipertahankan.


2.  Contoh Internet sebagai komunikasi Interaktif
komunikasi interaktif artinya proses penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan dengan adanya suatu aksi atau tanggapan secara langsung baik melalui media maupun tidak melalui media. komunikasi interaktif disini juga bisa berarti bahwa proses dalam komunikasi sendiri menimbulkan tanggapan secara langsung dari penerima pesan.
Contoh dari komunikasi interaktif adalah penggunaan media internet seperti chatting dan email. Di sini antar pengirim dan penerima pesan bisa langsung berinteraksi ataupun langsung bisa mendapatkan feedback dari penerimapesan atau komunikan.

Contoh : Chatting, E-mail, Blogger dll.


3.   Internet Sebagai pertukaran data
Pertukaran data elektronik adalah proses transfer data yang terstruktur, dalam format standar yang disetujui, dari satu sistem komputer ke sistem komputer lainnya, dalam bentuk elektronik.
Istilah ini umumnya dipakai dalam konteks perdagangan dan bisnis, khususnya perdagangan elektronik  atau e-dagang. Biasanya digunakkan oleh perusahaan-perusahaan dalam memudahkan proses pertukaran data transaksi yang berulang-ulang antar perusahaan. EDI sangat bergantung kepada pengembangan format standar untuk dokumen-dokumen bisnis seperti faktur, pesanan pembelian, dan surat tanda terima.
 Contoh Internet Sebagai pertukaran data, dengan e-mail, newsgroup, ftp dan www (World Wide Web)

 
Design by Wordpress Themes | Bloggerized by Free Blogger Templates | Macys Printable Coupons